Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim

Pastinya Anda sudah mengetahui bahwa Indonesia memiliki dua musim yaitu, musim hujan dan musim kemarau. Lalu biasanya saat perubahan musim itu tiba tubuh kita akan menjadi cepat lelah, dan rentan terhadap penyakit. Mengapa demikian? Yuk kita cari tahu jawabannya.

Tips Kesehatan : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim

Tips Kesehatan : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim

Perubahan suhu dan kelembaban yang mengiringi pergantian musim memang memaksa tubuh untuk beradaptasi dengan ekstra keras. Hal ini bila tidak diimbangi dengan daya tahan tubuh yang kuat tentunya dapat menjadikan tubuh rentan terserang penyakit. Berikut ini ada tips kesehatan dan cara menjaga kesehatan tubuh di saat pergantian musim. Kesehatan sangat amatlah penting karena dimulai dari kesehatan kita lah, kita dapat membangun Negara yang sehat pula, yang akan menciptakan masyarakat sejahtera.
Terkadang kondisi cuaca bersuhu panas tetapi diselingi juga hujan lebat yang berangin ini dapat memicu beragam penyakit. Hal itu karena seringnya terjadi perubahan cuaca dari terik matahari yang panas yaitu musim kemarau dan sekarang menjadi hujan lebat kadang disertai petir dan angin ribut dengan udara yang tiba-tiba dingin bahkan bisa menyebabkan banjir pula apabila terus menerus hujan dan begitu pun sebaliknya. Suhu udara pun juga jadi sering berganti. Pagi dan malam hari yang biasanya dingin menjadi terasa sangat panas.

Perubahan cuaca yang drastis ini tentu saja membuat tubuh harus pandai beradaptasi dengan cuaca dengan cepat. Oleh karena itu dibutuhkan stamina yang prima atau fit. Maka jika tidak, tubuh Anda akan menjadi kurang dapat beradaptasi. Inilah yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit terutama bagi mereka yang sering bekerja keras, belajar yang terlalu giat, pola makan yang tidak teratur dan kurang beristirahat.

 Tips Kesehatan : Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim
Tips Kesehatan dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim

Saat pergantian musim terjadi, tubuh beradaptasi ekstra keras menghadapi perubahan cuaca dari musim kemarau ke musim hujan. Udara yang semula panas maka berubaha menjadi kering, kemudian yang tiba-tiba menjadi dingin maka menjadi lembab. Lalu yang tadinya tanah kering kerontang, berubah menjadi banjir. Kondisi ini memang menimbulkan ketidaknyamanan, juga membuat tubuh mudah terserang penyakit. Seperti, demam, flu, radang tenggorokan, penyakit diare dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, jangan lupa Anda harus menjaga kesehatan. Tak ada tindakan yang lebih patut menghadapi masalah ini, selain pencegahan yang lebih baik. Berikut yang biasa dialami di saat pergantian musim beserta cara mencegahnya yaitu:

  • Demam dan Flu

Demam dan flu ini biasanya paling rentan menyerang di saat pergantian musim. Ini bisa jadi lantaran baru di pergantian musim inilah Anda dapat mendapatkan serangan berbagai kuman (biasanya virus) secara besar-besaran. Sebaiknya jangan disepelekan, gangguan ini merupakan gejala bahwa tubuh tengah membangun pertahanan melawan infeksi. Lebih tepatnya, demam bisa merupakan gejala aneka penyakit. Mulai infeksi ringan sampai yang serius.
Cara mencegah:
Menjaga asupan makanan. Nutrisi yang cukup akan meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

  • Diare

Di peralihan di saat musim kemarau ke musim hujan, biasanya kasus penyakit ini menjadi tinggi lantaran banyaknya debu dan kotoran yang berpotensi menjadi faktor. Penyakit ini juga sangat erat kaitannya dengan pola konsumsi makanan. Sebab penyakit ini umumnya disebabkan kuman atau virus yang biasa mencemari makanan dan minuman, apakah itu makanan buatan rumah ataupun makanan jajanan.
Cara mencegah:
Jaga kebersihan. Pastikan setiap makanan dan minuman yang masuk ke dalam mulut adalah yang terjamin kebersihannya. Artinya, selain harus lebih higienis dalam mengolah dan menyiapkan makanan di rumah, sebaiknya jangan jajan sembarangan.

  • Penyakit saluran pernafasan

Gejala awal penyakit saluran pernapasan bisa berupa batuk, yang kadang disertai sesak napas. Bisa juga berupa batuk yang disertai pilek, bersin-bersin dan peningkatan suhu tubuh. Bisa juga muncul gejala khusus, yaitu pernapasan yang tidak normal. Hanya saja pada ini bisa muncul gejala yang serius, misalnya demam yang agak tinggi (pada radang tenggorokan) dan keracunan.
Cara mencegah:
Mengonsumsi multivitamin. Bila dikonsumsi secara tepat multivitamin bisa membantu meningkatkan ketahanan tubuh sehingga tak mudah terserang penyakit pancaroba.

Berikut ini adalah solusi agar tubuh tetap sehat di saat pergantian musim:

  1. Konsumsi makanan bergizi. Daya tahan tubuh yang baik selain butuh makanan yang cukup jumlahnya, juga harus memenuhi semua unsur gizi yang dibutuhkan tubuh yaitu : karbohidrat, vitamin,protein,lemak,dan mineral. Istirahat yang cukup, usahakan Anda tidur 6-8 jam sehari. Kurang istirahat dapat menurunkan daya tahan tubuh kita.
  2. Sempatkan berolahraga secara rutin minimal 3 kali seminggu selam 10 menit sampai 15 menit, nah apabila Anda sedang berada di kantor maka Anda juga harus membutuhkan olahraga juga tetapi yang ringan.
  3. Konsumsi minuman sulpemen atau vitamin yang tepat. Sebagian besar dari kita sulit memenuhi kebutuhan gizi harian dengan diet yang seimbang, sehingga suplemen atau vitamin penambah stamina diperlukan terutama untuk di pergantian musim. Pilih minuman penambah stamina yang benar-benar mengandung vitamin B yang lengkap yang diperlukan untuk menjaga stamina tubuh seperti vitamin B1, B2, B3, B5, B6, B8 dan B12. Selain itu, makanan atau minuman energi tersebut dalam kemasannya harus mencantumkan kandungan zat, aturan pakai, masa kadaluarsa dan nomor registrasi Badan Pengawasan Obat Makanan (BPOM).
  4. Kelola Stress dengan baik. Hanya dengan belajar mengelolanya secara tepat, kita dapat terhindar dari dampak negatif stress seperti sulit tidur, nafsu makan maka berkurang yang pada akhirnya mempengaruhi daya tahan tubuh kita.
  5. Menjaga kebersihan makanan dan minuman, membersihkan sesudah buang air besar atau menjelang makan serta menjaga kebersihan lingkungan, memberantas lalat, nyamuk, kecoa, semut.
  6. Bila terjadi keluhan yang serius, segera pergi ke dokter. Jangan menunggu lama, karena lebih baik mencegah daripada mengobati

Mengapa di saat pergantian musim tubuh kita menjadi lebih mudah sakit? 
Karena saat pergantian musim itu tiba, secara otomatis akan terjadi perubahan suhu udara yang ekstrim dari suhu udara dingin menjadi panas begitupun sebaliknya. Perubahan suhu udara tersebut berpengaruh pada tubuh kita. Tubuh kita harus menyesuaikan diri dengan udara di lingkungan sekitar. Biasanya pada kondisi ini, daya tahan tubuh pun ikut menurun, akibatnya tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit.

Selain itu, cuaca dan temperatur yang tidak stabil dapat memicu virus dan bakteri menjadi cepat berkembang biak. Akibatnya tubuh menjadi lebih mudah terkena penyakit. Lalu bagaimana cara kita menyikapi pergantian musim supaya tubuh kita terhindar dari penyakit?

Di dalam artikel komunitas sehat organik ini akan berbagi tips kesehatan dan cara menjaga kesehatan tubuh disaat pergantian musim. Namun sebelum itu, ada beberapa hal yang harus Anda kurangi atau bahkan hindari saat pergantian musim tiba.

 

 

Hal Yang Harus Anda Hindari Di Saat Pergantian Musim Berlangsung

Selain menyediakan informasi mengenai hal yang harus dilakukan, ada beberapa point yang harus Anda ketahui tentang hal-hal yang tidak boleh dilakukan selama masa pergantian musim. Karena apabila dilakukan hal ini bisa berdampak buruk bagi kesehatan Anda. Berikut hal yang harus Anda hindari di saat pergantian musim berlangsung, ialah:

1. Jangan Terlalu Banyak Minum Es Atau Minuman Yang Bersifatnya Dingin

Biasanya anak-anak atau bahkan remaja akan lebih sering mengonsumsi es atau minuman yang bersifatnya dingin, baik itu di musim panas atau pun di musin hujan. Terlalu banyak minum es bisa membuat suhu tubuh kita jadi kurang stabil sehingga tubuh akan mengalami perubahan suhu yang sangat cepat. Hal ini pula yang menyebabkan Anda bisa terkena penyakit terutama di musim pergantian.

2. Jangan Jajan Sembarangan

Ingatkan kepada buah hati Anda untuk tidak jajan sembarangan. Orang yang jajan sembarangan akan lebih rentan terkena penyakit apalagi dimusim pergantian dari hujan ke kemarau atau bahkan sebaliknya. Apalagi apabila buah hati Anda jajan sembarangan maka bahan pengawet yang berada di makanan atau minuman tersebut akan membahayakan buah hati tercinta Anda.

3. Tidur Tidak Teratur

Untuk anak muda saat ini memang lebih populer dengan kebiasaan insomnia. Mereka justru bangga apabila tidak tidur selama berhari-hari, padahal jika terus dilakukan kebiasaan buruk ini bisa membuat Anda menjadi tidak sehat. Badan butuh istirahat dan Anda juga harus membatasi kegiatan. Bila dipaksakan maka Anda bisa saja mengalami berbagai penyakit yang justru membuat Anda lemah tidak berdaya.

4. Sering Terkena Hujan

Disaat musim hujan seharusnya Anda menggunakan payung, jaket, atau bahkan jas hujan tetapi hindari kegiatan yang bisa menyebabkan Anda basah terkena air hujan karena apabila Anda terlalu sering basah atau terkena hujan maka bisa membuat Anda menjadi kedingingan dan menyebabkan Anda terkena flu atau meriang dan bahkan demam.

5. Anda Tidak Menggunakan Jaket

Kemudian yang terakhir adalah bila Anda memasuki musim kemarau, maka gunakanlah jaket pelindung atau topi yang bisa mencegah panas matahari karena panas diluar ruangan bisa saja membuat badan Anda drop sehingga menyebabkan Anda sakit.

Itulah beberapa hal yang harus Anda hindari saat pergantian musim berlangsung supaya tubuh Anda terhindari dari penyakit. Setelah Anda mengetahui beberapa hal yang diatas, sekarang kami akan memberikan tips bermanfaat mengenai apa saja yang harus Anda lakukan saat pergantian musim berlangsung agar Anda terhindar dari penyakit.

 

Tips Kesehatan dan Cara Menjaga Kesehatan Tubuh Di Saat Pergantian Musim

Dalam masa pergantian musim, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Hal ini karena berkaitan dengan kesehatan dan juga bisa mencegah diri Anda dari penyakit di saat pergantian musim. Berikut ialah hal penting dari apa saja yang harus Anda lakukan di saat musim berganti:

1. Makan Makanan Yang Bergizi Serta Teratur

Hal yang paling penting dari menjaga kesehatan ialah dengan mengkonsumsi makanan yang sehat serta teratur. Makanan yang sehat akan membuat Anda jauh lebih sehat dan apabila Anda makan dengan teratur maka bisa mengurangi resiko sakit di saat pergantian musim. Makan sayur, buah dan lauk pilihan Anda yang bisa membuat tubuh Anda memiliki daya tahan tubuh yang menjadi sehat. Nutrisi dari sumber makanan tersebut bisa membuat kita menjadi lebih sehat dan tidak rentan terkena penyakit.

2. Perbanyak Minum Air Putih

Memperbanyak diri minum air putih adalah hal penting, karena disini Anda bisa mendapatkan pasokan mineral dan cairan yang dibutuhkan oleh tubuh. Bila saja tubuh kekurangan cairan maka yang akan terjadi adalah tubuh akan mengalami dehidrasi, tidak sehat dan lemas. Memperbanyak minum air putih sangat baik untuk tubuh kita dan bisa mnecegah masuknya infeksi bakteri dari luar. Air akan mempertahankan fungsi normal usus. Cairan yang cukup membuat makanan yang melewati saluran pencernaaan dapat mengalir lancar

3. Olahraga

Anda harus melakukan olahraga sebagai penyeimbang semua kegiatan yang telah Anda lakukan. Olahraga bisa mencegah penyakit, bisa membuat tubuh lebih sehat dan pastinya Anda tidak mudah terkena penyakit. Dalam keadaan apa pun Anda bisa loh melakukan sedikit olahraga, bahkan dikantor pun Anda bisa melakukan olahraga walaupun hanya 10 menit sampai 15 menit saja.

4. Kurangi Kegiatan Diluar

Bila memang Anda sedang kurang sehat atau daya tahan tubuh lemah, jangan sampai Anda melakukan kegiatan di luar rumah dalam jumlah banyak. Misal sedang hujan atau sedang panas, kurangilah kegiatan Anda diluar. Bila memang kurang penting, Anda bisa melakukannya dirumah karena hal ini juga merupakan salah satu pencegahan agar Anda tidak terkena penyakit di pergantian musim.

5. Jaga Kondisi Tubuh

Di saat akan mengalami masa pergantian musim, maka Anda harus bisa menjaga kondisi tubuh Anda. Jangan sampai Anda sakit-sakitan karena tentu hal ini bisa mengganggu aktivitas Anda.

6. Pola Hidup Sehat

Untuk Anda yang memang ingin terhindar dari sakit di saat pergantian musim, maka Anda harus melakukan kebiasaan pola hidup sehat. Pasti Anda sudah mengetahui hal apa saja yang harus dilakukan untuk memenuhi pola hidup sehat tersebut.

7. Kurangi Kebiasaan Buruk

Nah ini yang penting, kurangi kebiasaan buruk. Kalau bisa Anda hindari dan jangan lakukan kebiasaan buruk karena kebiasaan buruk menjadi pemicu Anda mengalami sakit di saat pergantian musim. Kurangi kebiasaan merokok, minum alkohol, minum dingin terlalu banyak dan jangan sering makan junk food.

8. Minum Vitamin

Selanjutnya Anda harus mengkonsumsi vitamin atau pun suplemen yang bisa membuat tubuh Anda jauh lebih sehat. Misalnya saja Anda bisa mengonsumsi vitamin C, vitamin A atau bahkan Anda mengonsumsi madu dan beberapa jamu tradisional yang bisa membuat Anda menjadi lebih sehat.

9. Gunakan Masker

Jangan lupa untuk menggunakan masker di saat Anda berada diluar rumah, masker bisa melindungi kita dari kotoran, debu dan polusi udara yang menyebabkan kita terkena penyakit sejenis flu.

10. Menjaga Kebersihan Lingkungan

Lingkungan yang kebersihannya tidak terjaga, akan menjadi tempat berkembang biak virus dan bakteri. Apabila sudah begitu, bukan tidak mungkin Anda akan lebih mudah terkena penyakit. Jadi jagalah kebersihan lingkungan Anda supaya Anda akan tetap sehat.

11. Konsumsi Bawang Putih

Bawang putih mengandung anti oksidan yang dapat membasmi bakteri dan dapat menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh Anda. Selain itu, masih banyak lagi manfaat bawang putih untuk kesehatan tubuh Anda.

13. Perbanyak Interaksi dengan orang lain

Seseorang yang lebih sering berinteraksi dengan orang-orang disekitarnya akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik, sehingga ia tidak mudah terkena penyakit. Untuk itu, hindari melamun sendiri, usahakan untuk menyempatkan diri ngobrol dengan orang lain entah itu keluarga ataupun sahabat Anda.
Itu adalah tips kesehatan dan cara menjaga kesehatan tubuh di saat pergantian musim, semoga kita semua tetap menjaga kondisi kesehatan tubuh supaya tetap sehat di saat pergantian musim ya.

 ——————————————————————————————

Untuk Pemesanan Produk / Pendaftaran member / Afiliasi hubungi 

Admin

TEL / WA / SMS : 0812 8899 7471
https://www.facebook.com/KomunitasCintaOrganik/

Untuk Pemasangan iklan / menjadi pemosok produk sehat organik silahkan Hubungi Kami



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*